Jumpa Sapa LLDikti IX Bersama Mendikbudristek Nadiem Makarim

 

Makassar – 29/04/2021, Dalam rangka mendekatkan Mendikbudristek beserta jajaran dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), bertempat di Auditorium LLDIKTI IX, telah diadakan Jumpa Sapa Bersama MendikbudRistek dan Sekretaris Jenderal KemdikbudRistek Ainun Na’im bersama Kepala dan Sekretaris LLDIKTI Wilayah I s.d. Wilayah XVI, serta diikuti seluruh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, dan Tenaga Kependidikan di LLDIKTI Wilayah I s.d. XVI.  Adapun kegiatan Jumpa Sapa ini juga dihadiri oleh Nizam selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, serta Paristiyanti Nurwardhani selaku Sekretaris Ditjen Pendidikan Tinggi.

Dalam kesempatan ini, Kepala LLDikti IX yaitu Prof.Dr. Jasruddin, M.Si. didampingi oleh Drs. Andi Lukman, M.Si. selaku Sekretaris LLDikti IX, mengajukan pertanyaan mengenai pemerataan pendistribusian KIP Kuliah dan terkait pencairan tunjangan sertifikasi bagi tenaga pendidik/dosen di lingkup LLDIKTI IX. “Selamat kepada Mas Menteri yang baru saja dilantik sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Riset dan Teknologi, kami dari LLDIKTI IX ingin menanyakan beberapa hal, yang pertama yaitu bagaimana Mas Menteri mengarahkan putra – putrinya agar kelak bisa lebih hebat dan melebihi orang tuanya. pertanyaan kedua yaitu bagaimana pendistribusian dan pemerataan KIP Kuliah bagi calon mahasiswa, agar semakin banyak mahasiswa yang kurang mampu, yang dapat merasakan manfaatnya, serta terkait sertifikasi dosen, kiranya dapat ditambah kembali kuotanya dalam tahap sertifikasi dosen tahun 2021.” Ujar Jasruddin.

“KIP Kuliah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Program Merdeka Belajar : Kampus Merdeka, oleh karena itu KIP Kuliah merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi anak anak Indonesia yang secara ekonomi kurang mampu, namun berprestasi dan bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Adapun terkait kuota sertifikasi dosen, dapat ditanyakan langsung teknisnya kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, sedangkan mengenai bagaimana saya mengarahkan putra putri saya dalam meraih masa depannya, tentu saja dengan mendukung bakat dan minat mereka, tak luput juga memberikan mereka pendidikan yang terbaik dimulai dari rumah, tanpa memaksakan kehendak kita sebagai orangtua, agar tidak menjadi beban bagi sang anak.” Jawab Nadiem saat menanggapi pertanyaan dari Jasruddin.

Pada sesi diskusi dan tanya jawab bersama Mendikbudristek ini, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Kepala LLDIKTI Wilayah XI serta para pegawai dari LLDIKTI juga turut menyampaikan saran dan masukan terkait Pembinaan, Pengawasan, dan Pengendalian (BINWASDAL) Perguruan Tinggi Swasta serta upaya-upaya untuk mengembangkan kompetensi tenaga kependidikan di LLDIKTI yang ada diseluruh Indonesia agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan terkait pengelolaan sumber daya perguruan tinggi, civitas akademik, serta tenaga pendidik dan tenaga kependidikan baik yang ada di lingkup LLDIKTI, maupun yang ada di lingkungan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat.

(AndiTenriDioNasrun_LLDikti_IX)