Terapkan LMS, UNIFA Diapresiasi Binwasdal LLDikti IX

 

LLDikti Wilayah IX memeriksa manajemen pendidikan prodi S2 dan S3 pada program pascasarjana Universitas Fajar (UNIFA) Makassar pada Kamis (4/3/2021). Dalam kunjungan ke UNIFA ini, tidak ditemukan potensi pelanggaran atau hasilnya cukup baik.

Beberapa hal, juga rekomendasikan oleh Tim Binwasdal di UNIFA seperti beberapa hasil di kampus lainnya. Dikatakan Prof Jasruddin, bahwa Tim Binwasdal ini turun ke perguruan tinggi mencermati proses standard yang disepakati.

“Bersama mencermati kalau ada kurang diperbaiki, kalau ada yang sudah bagus lebih dorong lagi, kalau ada salah akan kita luruskan,” katanya.

Karena sebagian besar perguruan tinggi kata Prof. Jasruddin yang dianggap melanggar karena ketidaktahuannya.

“Oleh sebab itu kami punya kewajiban memberikan sosialisasi aturan-aturan terutama dengan peraturan baru yang diterbitkan pada tahun 2020. Itu kan ada Permendikbud No. 3, 4, 5, 6 dan 7 tentang pengembangan perguruan tinggi, itu belum masuk pada aturan-aturan akademik mereka,” jelasnya.

“Jadi semua aturan akademik disusun Tahun 2020 pasti tidak masuk Permendikbud, sehingga sekarang perlu kita beri pemahaman dan yang bertentangan permendikbud maka perguruan tinggi harus mengubahnya,” ungkapnya.

“Makanya kita turun sejak awal tahun yang dimulai ke program pascasarjana karena disini pengembangan riset secara kreatif,” tutur Jasruddin.

Untuk kedepannya Tim Binwasdal dari LLDikti IX ini menyampaikan apabila ada temuan, akan ditindaklanjuti untuk dibuatkan kesepahaman melalui pakta integritas bahwa akan diperbaiki bersama sesuai regulasi yang berlaku terkait penyelenggaran sistem pendidikan nasional.

(LLDikti IX/Andi Tenri Dio Nasrun)