Universitas Mandala Waluya Kendari Diresmikan Oleh Kepala LLDikti IX

 

Kendari - Sekolah Tinggi Kesehatan Mandala Waluya resmi beralih status institusi pendidikan tinggi, yakni dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas.

Pengalihan status dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) nomor 988/M/2020 tentang izin penggabungan sekolah tinggi ilmu kesehatan dan akademi kesehatan lingkungan.

Rektor Universitas Mandala Waluya, Dr. PH. Tasnim, MPH mengatakan dirinya mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak LLDIKTI karena sudah menindak lanjuti permohonan pengalihan status yang diajukan sejak November 2018 lalu.

“Kita sudah di inisiasi oleh pihak LLDIKTI IX untuk merubah sekolah tinggi kesehatan menjadi universitas Mandala Waluya dengan syarat harus memenuhi sarana prasarana, sumber daya manusianya sekaligus di sarankan untuk penambahan program studi baru yaitu program psikologi dan kewirausahaan untuk program SI,” ungkap Tasnim selaku Rektor yang baru saja dilantik bersamaan dengan peresmian Universitas Mandala Waluya, Kamis (19/11/2020).

Atas inisiasi itu, Tasnim mengaku pihaknya langsung merespon cepat untuk memenuhi syarat-syarat dimaksud.

Dr. Tasnim mengungkapkan bahwa perubahan status STIKES menjadi Universitas Mandala Waluya merupakan kebanggan tersendiri bagi masyarakat kota Kendari. Bisa sampai di posisi ini merupakan pencapaian luar biasa. Tentunya, ini berkat dukungan banyak pihak. Salah satunya, dukungan Kepala LLDikti IX, serta pemimpin Badan Pembina Yayasan Mandala Waluya.

“Dalam waktu dekat ini program studi baru sudah akan dibuka berdasarkan isi SK. Sekaligus akan memperbarui organisasi - organisasi kegiatannya seperti memperbanyak melakukan pelatihan baik extra kurikuler maupun intra kurikuler,” tutur Tasnim.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah IX, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si. menambahkan bahwa Mandala Waluya telah memenuhi syarat pengalihan status menjadi Universitas. Ia berharap ada akses baru yang bertambah di kampus itu.

“Dengan demikian masyarakat juga akan memenuhi keinginan mereka untuk menyekolahkan anaknya. Karena di universitas ini apalagi sudah adanya penambahan program studi baru sehingga kita bisa mampu bersaing dengan perguruan tinggi di luar negeri,” tandas Jasruddin yang dalam peresmian ini didampingi oleh Drs. Andi Lukman, M.Si. selaku Sekretaris Lembaga, Ichsan Kasnul Faraby selaku Kabag SDPT, dan Munawir Razak selaku Kabag Kelembagaan dan Sistem Informasi pada LLDikti IX.

(LLDikti9/AndiTenriDioNasrun)