ssss
  1. Home
  2. >
  3. Berita
  4. >
  5. Delegasi APEC PPSTI Berkunjung ke PPKS Medan

Delegasi APEC PPSTI Berkunjung ke PPKS Medan

Setelah melakukan pertemuan APEC Policy Partnership on Science, Technology and Innovation (PPSTI) selama dua hari, 1-2 Juli 2013, para delegasi dari anggota ekonomi APEC diundang oleh Kementerian Riset dan Teknologi untuk berkunjung ke salah satu pusat unggulan iptek yang terletak di kota Medan, yaitu Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), pada hari Rabu, 3 Juli 2013. Rombongan dipimpin langsung Deputi Menristek Bidang Jaringan Iptek, Agus Rusyana Hoetman yang juga merupakan Chairman APEC PPSTI.

Direktur PPKS, Witjaksana Darmosarkoro, dalam sambutannya menyampaikan profil PPKS sebagai lembaga riset bertaraf internasional dan mandiri secara finansial. Menurut Witjaksana, kemajuan PPKS dapat dilihat dari perkembangan kinerja dan sertifikasi atau penghargaan yang telah diraih seperti ISO 9001, KAN, KNAPPP, Bakrie Award dan Anugerah Ristek Pranata Litbang. “Penunjukan PPKS sebagai pusat unggulan iptek oleh Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristek) semakin memperkuat kedudukan PPKS sebagai lembaga penelitian kelapa sawit,” ujar Witjaksana.

Selain mendapatkan informasi tentang PPKS, para delegasi APEC PPSTI juga mendapatkan pemaparan dari PT Riset Perkebunan Nusantara (PT RPN) dan Pusat Penelitian Karet Indonesia (Puslitkaret). Puslitkaret juga merupakan salah satu lembaga riset yang sedang dipersiapkan untuk menjadi pusat unggulan iptek oleh Kementerian Ristek. Sementara itu PT RPN adalah sebuah perusahaan riset dan pengembangan anak perusahaan BUMN Perkebunan yang menaungi PPKS dan Puslitkaret.

Setelah berdialog, rombongan diajak berkunjung ke Unit Pelayanan dan Informasi Kelapa Sawit (UPIKS), yang merupakan showroom produk hasil penelitian dan layanan paket teknologi yang dilakukan oleh PPKS. Di UPIKS, rombongan melihat langsung berbagai produk kelapa sawit dari hulu sampai hilir. Selain itu, rombongan juga ditunjukkan pengolahan tandan kelapa sawit untuk pakan ternak dan pemanfaatan biogas kelapa sawit untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Anggota delegasi APEC PPSTI dari China Taipei yang mewakili rombongan mengaku sangat terkesan dengan proses teknologi dan inovasi yang berlangsung di PPKS dan berharap lembaga terkait di masing-masing ekonomi anggota APEC dapat menjalin kerjasama lebih lanjut dengan PPKS Medan. (munawir)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pengumuman

Agenda

Apr 27
08:00:am - 17:00:pm
Sosialisasi Teknis Program Competitive Fund Vokasi Tahun 2022
Apr 26
08:00:am - 17:00:pm
SOSIALISASI DUKUNGAN PERBANKAN SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN PERGURUAN TINGGI SWASTA
Mar 26
March 26 - March 28
Rapat Kerja Wilayah LLDIKTI Wilayah IX
Mar 24
March 24 - March 25
Penyegaran dan Persamaan Persepsi Asesor Beban Kerja Dosen (BKD) Tahun 2022
Mar 19
All day
Sosialiasasi Program Kompetisi Kampus Merdeka Tahun 2022"
Komentar Terbaru