Tim Binwasdal LLDIKTI IX Lakukan Audit Kinerja PTS di Palopo

Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si., didampingi Sekretaris, Drs. Andi Lukman, M.Si., dan Kepala Bagian Tata Usaha, Munawir Razak, S.IP., M.A., terjun langsung mengawal kegiatan Pembinaan, Pengawasan, dan Pengendalian (Binwasdal) dan Evaluasi Akademik pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Palopo. Kegiatan ini dilaksanakan secara maraton mulai dari tanggal 17 hingga 19 Juni 2021.

Dalam acara temu awal yang diadakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Palopo pada Kamis, 17 Juni 2021, dihadapan pimpinan seluruh PTS di Kota Palopo, Prof.Jasruddin menyampaikan harapannya agar PTS lebih terbuka dalam mengemukakan kendala-kendala yang dialami di berbagai bidang demi peningkatan kualitas perguruan tinggi tersebut. “Tim yang datang tujuannya bukan untuk menghakimi, namun bersama-sama membantu PTS mencari solusi untuk mengatasi masalah dan kendala yang menjadi temuan dari tim Binwasdal”, ujar Prof. Jasruddin.

Kegiatan Binwasdal ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan kinerjanya, khususnya dalam rangka menghadapi Klasterisasi dan Akreditasi. “Dengan kegiatan ini, PTS dapat mengetahui posisinya saat ini, dan meningkatan kinerja pada aspek yang dinilai tim masih lemah agar dapat menjadi perguruan tinggi yang lebih baik,” tegas Prof Jasruddin.

Kegiatan Binwasdal ini juga merupakan ujicoba pelaksanaan Binwasdal online yang rencananya akan mulai diterapkan pada tahun 2022. Menurut Prof. Jasruddin, saat ini Kepala Bagian Tata Usaha LLDIKTI Wilayah IX yang sementara mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat 2, sedang mengembangkan aplikasi yang nantinya akan mendukung pelaksanaan kegiatan Binwasdal secara online. “Tanpa hadir di lokasi, masalah yang dihadapi perguruan tinggi swasta dapat langsung teridentifikasi oleh aplikasi tersebut. Sehingga yang dilakukan tim saat monev ke PTS tidak lagi mencari masalah, tapi langsung fokus kepada pencarian solusi”, ujar Prof. Jasruddin menutup sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala LLDIKTI Wilayah IX juga memberi semangat dan motivasi kepada para dosen yang hadir untuk segera mengurus Jabatan Fungsional dengan jaminan percepatan pelayanan dari LLDIKTI Wilayah IX bagi dosen yang telah memiliki jabatan fungsional asisten ahli lebih dari 2 tahun dan bagi dosen yang sedang berjuang dalam pengurusan kenaikan jabatan Guru Besarnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Agenda Kegiatan