Prof. Jasruddin Raih Gelar Insinyur

Kepala LLDKTI Wilayah IX Sulawei Selatan, Barat dan Tenggara (Sultanbatara), Prof. Dr. Ir. Jasruddin, M.Si. mengkuti penyumpahan Insinyur Universitas Hasanuddin (UNHAS) Periode Juni 2021 di Hotel Four Points By Sheraton Makassar pada Senin, 21 Juni 2021. Penyumpahan ini diikuti oleh Prof. Jasruddin bersama dengan 424 orang peserta lainnya.

Ketua Prodi Pendidikan Insinyur FT-UH, Dr. Eng. Ir. Ilham Bakri, S.T., M.Sc., IPM., dalam laporannya menyampaikan bahwa penyumpahan kali ini adalah yang keenam kalinya sejak tahun 2018, dimana UNHAS konsisten melakukan penyumpahan sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. “Keseluruhan dari yang disumpah pada hari ini merupakan dari jalur RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau. Insya Allah semester depan sudah bisa mengahasilkan sekitar 14 orang dari jalur reguler”, ujar Ilham Bakri.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Bapak Dr. Ir. Heru Dewanto, S.T., M.Sc. (Eng.), IPU., ASEAN Eng mengucapkan selamat kepada seluruh insinyur yang dilantik dan disumpah. Pada hari ini Bapak dan Ibu sudah dapat menempatkan gelar insinyur secara sah didepan nama bapak ibu sekalian. Selanjutnya juga dapat melakukan praktek keinsinyuran diseluruh penjuru tanah air secara sah dan legal sesuai dengan undang – undang dan peraturan yg berlaku dinegara kita”, ujar Heru Dewanto.

Heru juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia hanya memiliki sekitar 3083 insinyur per satu juta penduduk, jauh dibawah negara-negara lainnya, sehingga dibutuhkan lebih banyak lagi insinyur. “Insinyur adalah profesi yang menjadi medium yang membuat yang tidak ada menjadi ada, tidak mungkin menjadi mungkin, membuat masalah jadi solusi, mengubah tantangan menjadi peluang, itulah keinsinyuran. Suatu profesi yang mnggunakan ilmu pengetahuan alam dan matematika untuk merekayasa alam untuk keselamatan, kesejahteraan, dan kenyamanan umat manusia”, ujar Heru yang merupakan Presiden Direktur Cirebon Power (konsorsium pembangkit listrik dengan total kapasitas 660 MW dan 1.000 MW di Cirebon).

Prof. Jasruddin sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, sejak awal langsung berkecimpung di dunia pendidikan dan selalu berupaya untuk melakukan perubahan-perubahan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Prof. Jasruddin menyelesaikan pendidikan S1 (Drs.) pada Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Ujung Pandang (1985 – 1990), S2 (M.Si.), pada Jurusan Fisika Material Institut Teknologi Bandung (1994 – 1996), S3 (Dr.) pada Jurusan Fisika Material juga pada Institut Teknologi Bandung (1997 – 2002), dan berhasil menyandang Guru Besar Universitas Negeri Makassar dalam bidang Fisika Material pada tahun 2010.

Penyumpahan ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Muh. Restu MP, Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, M.T., Adapun Presiden Direktur PT. Vale Indonesia Tbk, Febriany Eddy hadir dan memberikan sambutan secara daring.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories

Agenda Kegiatan