ssss
  1. Home
  2. >
  3. Kegiatan
  4. >
  5. LLDIKTI IX Gelar Workshop Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Mahasiswa

LLDIKTI IX Gelar Workshop Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Mahasiswa

BAGIKAN :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

LLDIKTI Wilayah IX kembali mengadakan Workshop Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Mahasiswa yang diperuntukkan untuk mahasiswa yang berada dalam lingkup kerja LLDIKTI Wilayah IX sebagai upaya memberikan pemahaman dan kemampuan kepada mahasiswa dalam mengembangkan jiwa wirausaha untuk mendukung ekonomi kreatif serta mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Selasa, 21 Juni 2022 di Aula Ridwan Saleh Mattayang, LLDIKTI Wilayah IX.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Drs. Andi Lukman, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam memasuki tahun ketiga kebijakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ternyata memiliki persentase yang sangat kurang, dan hal itu tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena kebijakan program MBKM ini sangat erat hubungannya dengan kewirausahaan .
“Selama ini, perguruan tinggi akademik yah, Universitas, Institut, sekolah tinggi, itu hanya meluluskan sarjana saja, yang sarjana itu hanya kecerdasanya saja, pintar saja, jadi mengeluarkan alumni yang cerdas, tapi dari sisi keterampilan itu sangat minim, inilah yang dilihat oleh pak Jokowi, dan tidak bisa dibiarkan seperti itu. Akibatnya ketika ada wisuda, sarjana itu menganggur, karena dunia usaha, dunia industri itu, disamping membutuhkan orang–orang pintar juga memerlukan orang – orang yang terampil. Oleh karena itu Pak Jokowi memberikan Mas Menteri kesempatan untuk meberikan kebijakan bagaimana perguruan tinggi akademik ini nanti lulusannya siap pakai,” ucap Andi Lukman.

Lebih lanjut beliau mengakatan bahwa kegiatan KKN mahasiswa yang masih menggunakan metode dan cara – cara lama agar dihentikan. “Sekarang boleh KKN tapi tematik, dan waktunya itu mnimal 6 bulan dan diberikan SKS sebanyak 20 SKS, supaya ilmu yang kita dapatkan di perguruan tinggi kita aplikasikan di desa, di daerah, itu salah satunya. Jadi inti dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah bagaimana lulusan itu dihantarkan ke dunia kerja, harus disiapkan,” tambah Andi Lukman.

Kegiatan yang diikuti oleh 60 PTS yang diwakili oleh mahasiswa peserta KIP kuliah dikampusnya masing – masing menghadirkan Dr. Ir. Andi Kasiran T Baso, M.P., sebagai pemateri dengan judul materi “Menggali Ide Bisnis Mahasiswa”. Pemateri kedua, Nashruddin, S.Pd., M.Sc., dengan judul materi “Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa”, dan materi ketiga dibawakan oleh Zaryanti Zainudin, S.T., M.T., dengan judul “Membangun Usaha Ekonomi Kreatif Mahasiswa”.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Pengumuman

Agenda

Jul 28
July 28 - July 30
Undangan Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2022
Jul 05
05:00:00 - 09:00:00
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Proposal Matching Fund 2022 Periode ke-3
Jul 01
00:00:00 - 09:00:00
Undangan Forum Konsultasi Publik
Jun 30
00:00:00 - 09:00:00
Verifikasi dan Validasi Pelaporan PDDIKTI Gelombang II Luring
Jun 29
02:00:00 - 05:00:00
Talkshow LLDIKTI9 Channel: Beasiswa di Indonesia : Masa Indonesia Merdeka – Sekarang
Komentar Terbaru