ssss
  1. Home
  2. >
  3. Kegiatan
  4. >
  5. Pendampingan Pengelolaan Program KIP Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta LLDIKTI Wilayah IX

Pendampingan Pengelolaan Program KIP Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta LLDIKTI Wilayah IX

BAGIKAN :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan Kegiatan Pendampingan Pengelolaan Program KIP Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta Penyelenggara KIP Kuliah dalam lingkup kerja LLDIKTI Wilayah IX. Kegiatan ini diadakan di Auditorium Ridwan Saleh Mattayang LLDIKTI Wilayah IX, Kamis, 28 Juli 2022.

Mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah IX, kegiatan ini dibuka oleh Koordinator Kelembagaan, Akademik, dan Kemahasiswaan LLDIKTI Wilayah IX, Dr. H. Lusman, M.M. Di awal sambutannya, beliau menyampaikan permohonan maaf dari bapak kepala LLDIKTI Wilayah IX yang tidak sempat hadir dalam acara ini. Dr. H. Lusman juga mengemukakan bahwa pendampingan ini sangatlah penting untuk dilakukan, mengingat karena bulan juni LLDIKTI Wilayah IX telah mendapatkan kuota dari Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kemdikbud Ristek sekitar kurang lebih 4000 kuota.

“Sejak saat itu, Kepala LLDIKTI Wilayah IX mengambil kebijakan yang tidak biasanya, kenapa saya bilang tidak biasanya, karen kemarin – kemarin tidak pernah kita laksanakan seperti itu, yaitu memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa penerima KIP untuk mendaftar dari awal, atau mendaftar bersamaan dengan mahasiswa yang ada di PTN”, tambah beliau.

Selanjutnya, berdasarkan kebijakan Kepala LLDIKTI Wilayah IX, mahasiswa yang mendaftar bersamaan dengan pendaftaran di PTN dan memilki KIP, PKH, atau PKS, lalu kemudian di usulkan dari PTS untuk mendapat KIP Kuliah, maka mahasiswa tersebut langsung diberikan penghargaan dan hadiah dengan otomatis langsung mendapatkan KIP Kuliah tanpa seleksi.

“Begitu juga kepada Pimpinan PT kita juga memberikan kesempatan , hadiah, yang tidak biasanya juga, karena tahun kemarin itu paling tidak untuk KIP kuliah nanti dibulan September atau oktober baru kita beri kuota. Kalau tahun ini mulai juni kemarin kita buka, dan ditutup tanggal 17 juni, kita tutup kemarin, jadi asemua yang masuk tanpa di ferifikasi, yang penting punya kartu, itu otomatis langsung akan diberikan beasiswa KIP Kuliah”.

Namun yang menjadi sorotan oleh beliau, bahwa dari 102 PTS yang sempat memasukan data, terpantau bahwa jumlah pengajuannya mencapai lebih dari 5000 mahasiswa, sedangkan kuota dari LLDIKTI Wilayah IX sementara hanya kurang lebih 4000. “Bapak dan Ibu tidak perlu berkecil hati, saya undang Dr. Muni Ika untuk memberikan pendampingan dan pencerahan kepada kita, karena beliau ini adalah yang membagi kuota di pusat, di kemeterian, semoga dengan informasi yang saya sampaikan ini, mereka masih bersedia memeberikan tambahan kuota kepada kita”, tambah Dr. H. Lusman.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 PTS yang hadir secara luring, dan sisanya mengikuti secara daring. Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Dr. Muni Ika, M. Pd., beliau merupakan Sub Koordinator KIP Kuliah Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbud Ristek.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Pengumuman

Agenda

Jul 28
July 28 - July 30
Undangan Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2022
Jul 05
05:00:00 - 09:00:00
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Proposal Matching Fund 2022 Periode ke-3
Jul 01
00:00:00 - 09:00:00
Undangan Forum Konsultasi Publik
Jun 30
00:00:00 - 09:00:00
Verifikasi dan Validasi Pelaporan PDDIKTI Gelombang II Luring
Jun 29
02:00:00 - 05:00:00
Talkshow LLDIKTI9 Channel: Beasiswa di Indonesia : Masa Indonesia Merdeka – Sekarang
Komentar Terbaru